BLOG Kota Podomoro

Cara Membeli Rumah di Perumahan Serta Keuntungannya

Keluarga yang mau beli rumah, harus cari lokasi yang nyaman dan aman. Salah satu rumah yang nyaman dan aman adalah di kawasan perumahan. Namun masih banyak yang belum tahu cara membeli rumah di perumahan.

Padahal beli rumah di perumahan sangat mudah. Kuncinya tentu saja harus menyiapkan dana. Bahkan banyak developer perumahan yang menawarkan sistem pembayaran yang fleksibel.

Berikut Cara Membeli Rumah di Perumahan yang Menguntungkan

Pilihan beli rumah di perumahan memang hal yang tepat. Penjagaan satpam biasanya 24 jam. Ditambah lagi, fasilitas perumahan juga lengkap.

Oleh karena itu, tinggal bareng keluarga di perumahan bakal merasakan kenyamana maksimal. Ditambah lagi, rumah di perumahan juga menguntungkan buat investasi properti.

Berikut cara membeli rumah di perumahan yang menguntungkan:

1. Survei Perumahan Secara Online

Kini survei rumah bisa online. Anda tinggal ketik tipe rumah dan lokasi maka akan muncul banyak pilihan perumahan.

Lakukan filter unit sesuai rumah dambaan. Catat alamat perumahan dan kontak marketingnya. Kemudian bilang ke marketing hendak survei rumah.

2. Datang ke Lokasi Rumah

Setelah survei perumahan secara online, maka langkah selanjutnya suvei langsung ke lokasi. Bisa langsung menuju kantor pemasaran rumah.

Di kantor pemasran rumah ini Anda bisa minta anter menuju lokasi perumahan. Minta kepada marketing untuk dijelaskan detail soal rumah.

Anda pun sebagai pembeli bisa bertanya secara detail. Mulai dari status lahan, bahan bangunan, sumber air, dan lainnya.

Untuk rumah siap huni memang sudah bisa lihat fisiknya. Namun khusus rumah indent, harus tanya lebih dalam kepada marketingnya. Mulai dari desain rumah dan fasilitasnya.

3. Tanyakan Terkait Dokumen Legal Tanah dan Rumah

Ketika bertemu dengan marketing perumahan maka harus tanya hal detail terkait rumah. Mulai dari biaya pengurusan Akad Jual Beli, Biaya PPN, dan biaya lainnya.

Ditambah lagi, Anda juga bisa tanya tekait dokumen legalitas tanah. Dengan tanya detail maka proses pembelian rumah jadi lebih terang.

Misalnya menanyakan AJB, status sertifikat Hak Guna Bangunan (SHGB), dan legalitas izin mendirikan bangunan (IMB). Tanyakan juga apakah IMB mencakup rumah pribadi atau semua rumah di kompleks perumahan.

4. Cek Layout Rumah

Ketika bertemu dengan marketing perumamahan maka Anda bisa melihat masterplan perumahan. Di masterplan tersebut ada gambaran tata letak perumahan dan fasilitas-fasilitasnya.

Selain masterplan, Anda juga bisa cek layout rumah. Untuk rumah indent, Anda bisa memesan layout rumah sesuai kebutuhan dan jumlah anggota keluarga.

5. Cek Keamanan Lingkungan Perumahan

Saat cek lokasi perumahan pastikan lingkungan aman. Baik aman dari risiko bencana atau aman dari tindakan kriminal.

Untuk menghindari risiko bencana maka hindari lokasi yang berpotensi longsor atau banjir. Pastikan juga rumah jauh dari tempat pembuangan sampah akhir dan sumber air bersih lancar.

6. Pahami Skema Biaya Booking

Developer perumahan biasanya memasang tarif booking unit. Bisa Rp 1 jutaan hingga Rp 5 jutaan.

Nah dalam skema booking ini beda-beda praktikanya. Ada uang booking yang tidak bisa dikembalikan ketika pembeli batal memesan rumah.

Ada pula uang booking yang bisa dikembalikan ketika pembeli batal memesan rumah. Jadi untuk antisipasi selalu tanyakan mekanisme booking kepada marketing perumahan.

7. Menentukan Skema Pembayaran

Terakhir, Anda bisa menentukan skema pembayaran rumah. Jika punya dana besar mending pakai cash keras. Namun jika dana kurang dan punya pendapatan tetap sebaiknya pakai sistem kredit pemilikan rumah (KPR).

Paling enak memang beli rumah di perumahan dengan skema cash keras. Per bulan tidak perlu memikirkan cicilan. Hidup jadi lebih ringan.

Kesimpulan: Beli Rumah di Perumahan Sekarang

7 cara membeli rumah di perumahan ini bisa Anda praktikkan ketika mau beli rumah baru. Toh beli rumah baru di perumahan banyak keuntungannya.

Keluarga akan merasakan banyak fasilitas pendukung. Kemudian nilai jual rumah di masa depan lebih tinggi.

Jadi beli rumah di perumahan sekarang juga! Anda bisa cek katalog rumah baru yang strategis di Prime360. Tersedia juga promo rumah menarik dengan menghubungi WA berikut ini: +6281194536

imgWAchatYuk